Cara Sambung Sisip Tanaman Buah



Menulis topik yang akan kita bahas kali ini, sebenarnya sudah banyak informasi di dunia maya yang sudah detail mengulasnya.  Demi  memenuhi keinginan beberapa pembaca setia blog ini, baiklah kali ini akan saya ulas secara ringan tentang salah satu teknik perbanyakan tanaman yang satu ini.  Apalagi kalau bukan Sambung Sisip.

sambung sisip, menyelamatkan entres jenis baru
Apa itu Sambung sisip ??   Tentu saja dia terdiri dari 2 kata, sambung dan sisip…. Sambung bermakna menyatukan 2 bagian menjadi satu kesatuan, sedang  sisip memiliki makna menempatkan dibagian samping.  So sambung sisip bermakna
 meletakkan  entres di samping batang bawah sehingga menjadi satu individu baru…….  Itu istilah saya sendiri, suka atau tidak monggo dibaca saja he he he …..

sambung sisip pucuk, kayu ikut di belah
Kembali sedikit serius….
Kalau dalam perbanyakan tanaman kita dulu kenal istilah sambung pucuk dan okulasi, sambung sisip sebenarnya merupakan penggabungan dan penyempurnaan dari keduanya.  Lebih fleksibel kalau menurut pendapat saya. Kok bisa ??
Baca dan simak beberapa kasus berikut ini, setelah selesai  saya yakin Anda akan setuju dengan pendapat saya tersebut.
Pernah suatu saat saya lakukan aktivitas okulasi (tempel mata ) pada tanaman jeruk.   Seperti biasa setiap mata tunas yang bagus saya ambil kemudian saya tempelkan pada batang bawah yang telah dikupas kulitnya.  Nah pada giliran entres bagian atas mulai timbul kendala.  Entres yang agak lemas dan posisi pengambilan mata tunas yang sangat susah inilah kendalanya.  Apakah terus dibuang ?... 

bener-bener murni sambung pucuk
Eitt … tentu tidak…. Sisa entres bagian pucuk tadi masih bisa kita manfaatkan, tentu saja dengan cara sambung sisip.   Dan ternyata pertumbuhan sisa entres okulasi ini lah yang paling ngebut dari tempelan mata tunas setelah memasuki umur 3-4 minggu dari proses pengerjaan atau setelah ikatan plastik dibuka ……
Kejadian yang akan Anda  baca ini juga sering saya lakukan. 
Mendapat tanaman jenis baru dan termasuk susah dipasaran merupakan suatu kepuasan tersendiri.  Taruhlah jenis tanaman Mangga misalnya, tanaman yang masih imut yang barusan menjadi koleksi di kebun  rasanya ingin cepat di besarkan.  
Untuk menyelamatkan kehidupan si jenis baru ini, sering saya potong dan ambil cabang ujungnya untuk di sisipkan ke indukan mangga yang sudah ditanam di tanah.  Dengan teknik sambung sisip bisa saya tempelkan entres imut tersebut ke batang yang sudah besar, dengan harapan pertumbuhannya lebih ngebut.  
Bahkan banyak terjadi tanaman aslinya kalah dengan pertumbuhan sambung sisip tersebut.  Tentu saja dengan teknik sambung pucuk atau okulasi contoh kasus diatas sulit saya kerjakan….  Mau di okulasi, pengambilan mata tunas masih sangat muda.  Mau di sambung pucuk… batang masih lemes banget !!!

pertumbuhan lebih cepat. Batang bawah 
lebih besar, entres yang digunakan bagian ujung
Sampai disini sudah kah Anda setuju dengan pendapat saya ?.. 
Lebih Fleksibel  dan mudah dilakukan !!
Walah kok jadi ngelantur cerita panjang lebar nih….  Trus gimana dong caranya ?
Pada contoh sambung sisip jambu air langsung aja deh berikut step-stepnya  :

1. Siapkan batang bawah dan entres.  Pilih batang bawah yang sehat dan entres yang hijau sehat.

batang bawah dan entres, ke-2 nya harus sehat
2. Sayat kulit batang bawah dengan pisau, dari atas ke bawah sepanjang kurang lebih 2-3 cm-an.  Usahakan jangan sampai batangnya ikut tersayat.  Sekali lagi hanya kulitnya saja.
gunakan pisau yang tajam,
3. Pada sayatan bagian bawah buat semacam cekungan (lihat gambar dibawah).  Hal ini bertujuan agar penyisipan entres "nangkring" dan tertahan olehn cekungan tadi,

cekungan bagian bawah, untuk menahan entres
4. Selanjutnya sayat batang atas / entres disalah satu sisi.  Usahakan panjang sayatan kurang lebih sama atau lebih pendek sedikit dari sayatan batang bawah yang telah dibuat, (lebih gampangnya separo dari panjang entres).

pisau yang tajam akan sangat membantu
5. Letakkan entres yang sudah disayat tadi tepat di sayatan batang bawah.  Usahakan kedua sayatan menempel dengan presisi. Lalu ikat dengan plastik perlahan-lahan dan rapat.

ikat dengan plastik, jangan terlalu kencang
6. Ikatan Plastik usahakan rapat agar air tidak masuk, ingat pengikatan tidak perlu terlalu kencang.  Selanjutnya sambungan bisa ditaruh di tempat yang aman.  Mau di taruh ditempat yang ternaungi sebagian ataupun yang full sun terserah.  Tergantung kondisi lingkungan Anda, yang penting jangan telat siram atau kekeringan.  Biarkan selama kurang lebih 3 minggu.  Jika dalam kurun waktu entres tadi masih hijau pertanda sambungan berhasil.

ikat keseluruhan, yang penting kedap air
7. Setelah kurang lebih 3 minggu entres masih hijau, ikatan plastik bisa dibuka, saran saya untuk ikatan bagian bawah bisa dililitkan kembali, agar tidak mudah lepas tempelan dari kedua individu ini.  Anda bisa langsung potong batang bawah tepat diatas tinggi entres yang disisipkan (lihat gambar)

perhatikan lokasi pemotongan
dhel .... kepotong deh
8.  Demi keamanan dan kecepatan tumbuh, sesaat setelah pemotongan batang bawah tadi segera sungkup dengan plastik es seperti gambar dibawah.  Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban entres yang baru beradaptasi dengan suhu lingkungan.  Jika lokasi penyambungan di lapang terbuka yang terkena panas, langkah ini sangat membantu sekali.  Kita tidak perlu repot memindah kan "hasil" sambungan ke tempat yang agak ternaungi.

ditempat panas pun gak masalah, yang penting disungkup
9.  Selang beberapa hari disungkup plastik akan muncul daun baru dari entres.  Jika sudah tahan terhadap cuaca sekitar, sungkup plastik bisa dibuka.  Dan Tra..ta......  terciptalah individu baru

selanjutnya terserah Anda
"Kapan plastik ikatan dibuka seluruhnya ?"  Mungkin saja pertanyaan tadi ada dipikiran Anda sekalian.  Baiklah ini dia jawabnya,  "Saat ikatan sudah terlihat"mencekik" entres sebaiknya kita lepaskan ikatan tersebut".  Pada beberapa kasus yang mana pertumbuhan sambungan entres sangat cepat (biasanya terjadi pada sambung sisip yang batang bawah ukurannya jauh lebih besar) sebaiknya ikatan tidak langsung dilepas begitu saja.  Secara berkala kita kendori saat dia mencekik entres, kemudian kita ikat kembali seraca perlahan dengan plastik yang baru. Kejadian yang pernah saya alami, hasil sambungan sisip akan lepas akibat ada insiden semacam angin kecang dan sebagainya.  Untuk itu semua tergantung kondisi dan situasi....
buka ikatan, rapikan potongan batang bawah, dan siap di tanam
Untuk sambung sisip pada batang yang lebih besar atau indukan yang sudah ditanam ditanah pada prinsipnya hampir sama... (atau mungkin dibikin tulisan tersendiri saja ya he he he ...Insya Allah deh)

Oh ya sebelum mencoba, berikut sedikit tip dari saya :
  1. Usahakan dalam keadaan suci dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan... ini yang terpenting
  2. Pilih batang bawah yang sehat, demikian juga dengan entresnya
  3. Gunakan pisau yang tajam, plastik yang bersih
  4. Jika entres terbatas / langka, pilih batang bawah yang ukurannya lebih besar dgn perakaran yang sudah bagus.  Dijamin pertumbuhan nya ngebut dan kita akan panen entres dari dia.
  5. Jika entres melimpah, pemilihan entres bagian ujung (titik tumbuh) sangat dianjurkan.  Pertumbuhan akan lebih cepat daripada entres hasil potongan bagian tengah.  Biasanya banyak terjadi di kasus entres mangga.
  6. Usahakan entresnya jangan dari nyolong, lebih baik minta atau beli  saja ha ha ha....


sumber : http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com/2014/11/belajar-sambung-sisip-yuk.html

Related Posts:

1 Response to "Cara Sambung Sisip Tanaman Buah"